Analisis Kepuasan Peternak terhadap Program Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) di Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro: Pendekatan CSI dan IPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik peternak yang mengikuti program Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) dan menganalisis tingkat kepuasan peternak terhadap program SPR Maju Bersama di Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro, dilaksanakan pada bulan Februari - Maret 2023. Metode penelitian menggunakan survei dengan pengamatan langsung di lapang dan interview berdasarkan kuesioner terstruktur dengan skala likert skor 1-5. Variabel penelitian meliputi 5 dimensi: tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Sampel penelitian ditentukan secara total sampling sebanyak 50 peternak yang aktif tergabung dalam Program SPR. Data selanjutnya dianalisis menggunakan analisis Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden berusia di atas 50 tahun dengan tingkat pendidikan SMA, memiliki ternak kurang dari 5 ekor dengan lama pengalaman beternak antara 5-10 tahun. Mayoritas peternak telah bergabung dengan Program SPR selama 7-9 tahun (70%). Berdasarkan perhitungan analisis CSI diperoleh skor 79,09% yang berarti bahwa peternak puas terhadap implementasi program SPR. Hasil analisis IPA menunjukkan bahwa Program SPR di Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegoro telah terlaksana dengan baik sesuai dengan harapan anggota SPR tetapi ada beberapa atribut pada Kuadran I yang menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan kinerjanya meliputi atribut kelengkapan fasilitas SPR, atribut keakuratan petugas dalam memberikan solusi kepada peternak, atribut ketepatan dalam melakukan recording ternak, serta pelaksanaan edukasi melalui sosialisasi dan praktik langsung.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alfathan, I. H., dan A. Saleh. 2018. Gaya Kepemimpinan Dan Intensitas Komunikasi GPPT Dengan Efektivitas Kelompok Di Sekolah Peternakan Rakyat. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (JSPKM). 2(3): 289-300.
Amri, H. R., R. T. Subagio, dan Kusnadi. 2020. Penerapan Metode CSI untuk Pengukuran Tingkat Kepuasan Layanan Manajemen. Jurnal Sistem Cerdas. 3 (2): 241-252.
Aritonang R, L. 2005. Kepuasan Pelanggan. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Effin, A. Y., R. Yulida, dan Arifudin. 2014. Motivasi Petani Untuk Bergabung Dalam Kelompok Tani Di Desa Pagaran Tapah Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. JOM Faperta. 1(2):1-13.
Haloho, R. D., dan C. L. Saragih. 2021. Analisis Kelayakan Usaha Peternakan Sapi Potong Rakyat Di Kabupaten Langkat. Jurnal Agribisnis Lahan Kering. 6(1): 9-14.
Hudani, S. R., A. E. Kusumastuti, dan S. Azizah. 2021. Tingkat Kepuasan Rumah Tangga Miskin Penerima Program BEKERJA (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) Di Kabupaten Cirebon. JITRO (Jurnal Ilmu Dan Teknologi Peternakan Tropis). 8(2):132-140.
Ikhwan, A.M. 2007. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Gumati Café Bogor. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Indey, S., E. W. Saragih, dan B. Santoso. 2021. Karakteristik Peternak Sapi Di Sentra Produksi Ternak Potong di Kabupaten Sorong. Jurnal Ilmu Peternakan dan Veteriner Tropis. 11(3):245-256.
Indraningsih, K. S. 2011. Pengaruh Penyuluhan Terhadap Keputusan Petani Dalam Adopsi Inovasi Teknologi Usahatani Terpadu. Jurnal Agro Ekonomi. 29(1):1-24.
Irianto, A., Gunawan, A. dan Muladno. 2020. Perbaikan Mutu Genetik Melalui Sistem Grading Ternak dalam Upaya Menunjang Program Pemuliaan Berbasis Digital. Jurnal Ilmu dan Peternakan Tropis (JITRO). 7(1): 35-41.
Jazuli, M., D. Samanhudi, dan H. Handoyo. 2020. Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Menggunakan Metode Service Quality (Servqual) dan Importance Performance Analysis (IPA) di PT. XYZ. Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi. 1(1): 67-75.
Kementerian Pertanian. 2015. Pedoman Sentra Peternakan Rakyat (SPR). Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Jakarta.
Kurnia, E., B. Riyanto, dan N. D. Kristanti. 2019. Pengaruh Umur, Pendidikan, Kepemilikan Ternak dan Lama Beternak Perilaku Pembuatan MOL Isi Rumen Sapi Di KUT Lembu Sura. Jurnal Penyuluhan Pembangunan. 1(2): 40-49
Lestari, R. D., L. M. Baga, dan R. Nurmalina. 2015. Analisis keuntungan finansial usaha penggemukan sapi potong di Kabupaten Bojonegoro. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. 11(2): 207-215.
Mashrur. 2021. Kajian 28 Masalah Peternakan Rakyat Sapi Potong Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. UNISNU Press, Jepara.
Purbobinuko, Z. K., dan R. Wurianing. 2020. Analisis Kepuasan dengan Metode CSI dan IPA Terhadap Pelayanan Penyediaan Rekam Medis Rawat Jalan di RS. Dr Soetarto Yogyakarta. Indonesian of Health Information Management Journal. 8(2): 80-91.
Purnomo, B.H. dan Wibowo, Y. 2018. Aplikasi Fuzzy Inference Sistem Untuk Menentukan Lokasi Pengembangan Sentra Peternakan Rakyat (SPR) Sapi Potong Di Kabupaten Jember. Agrointek. 12(1): 1-15
Roessali, W. 2004. Profitabilitas usaha pembibitan simental di Kecamatan IV Candung Kabupaten Agam. Jurnal Pengembangan Peternakan Tropis. Spesial Edition Seminar Nasional Ruminansia 7 Oktober 2004 Buku 3. Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro, Semarang.
Rofi, K. A. dan A. Saleh. 2020. Hubungan Tingkat Partisipasi Anggota Sekolah Peternakan Rakyat Muara Tigo Manunggal Dengan Tingkat Pendapatan. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (JSKPM). 4(1): 15-24.
Rusdiana, S. dan Praharani, L. 2019. Pengembangan Peternakan Rakyat Sapi Potong: Kebijakan Swasembada Daging Sapi Dan Kelayakan Usaha Ternak Development of People’s People Livestock: Swat Private Vocational Policy and Feasibility of Animal Businesses. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 36(2): 97-116.
Sa’adah, I., M. Mukson, dan Y. S. Ondho. 2019. Pengukuran Tingkat Kepuasan Peternak dalam Pelayanan Inseminasi Buatan Menggunakan Analisis Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. 3(3): 57-567.
Sari, AI., S.H. Purnomo., dan E.T. Rahayu. 2009. Sistem Pembagian Kerja, Akses Dan Kontrol Terhadap Sumber Daya Ekonomi Dalam Keluarga Peternak Rakyat Sapi Potong Di Kabupaten Grobogan. Sains Peternakan. 7(1): 18-26.
Sugiyono, P. D. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Peneltian. Alfabetha, Bandung.
Sukamto. 2019. Faktor-Faktor Pendukung Keberhasilan Sentra Peternak Rakyat (SPR) Sapi Potong Di Bojonegoro. Skripsi. Universitas Nusantara PGRI. Kediri.
Sumaga, A.U. 2013. Analisis Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Penerapan Manajemen Rekayasa Konstruksi Profesional Ruko di Kawasan Bussiness Park Kota Gorontalo. Jurnal Ilmiah Media Engineering. 3(1): 6-13.
Suresti, A. dan Wati, R. Business Development Strategies of Beef cattle in Pesisir Selatan. Jurnal Peternakan Indonesia. 14(1): 249-22
Suryana. 2009. Pengembangan usaha Ternak Sapi Potong Berorientasi Agribisnis dengan Pola Kemitraan. Jurnal Litbang Peternakan. 28(1): 29-37
Umam, R.K. dan N. P. Hariastuti. 2018. Analisa Kepuasan Pelanggan Dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan. 1(1): 339-344.
Waruwu, K. 2020. Pengaruh Pelayanan (Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty) Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Nutri Inti Prima Perkasa Medan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Keuangan dan Bisnis. 1(1): 63-77.
Widiati, R. 2014. Membangun Industri Peternakan Sapi Potong Rakyat dalam Mendukung Kecukupan Daging Sapi. Wartazoa. 24(4): 191- 200.
Widodo, S. M., dan J. Sutopo. 2018. Metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Business to Customer. Jurnal Informatika Upgris. 4(1)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.