Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Peternakan Indonesia (Indonesian Journal of Animal Science)?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

STANDAR PENULISAN

  1. Naskah ditulis menggunakan program Microsoft Word. Huruf standar yang digunakan untuk penulisan adalah Times New Roman 12.
  2. Naskah ditulis dengan jarak 2 spasi, kecuali judul, tabel (judul, tubuh, dan keterangan), dan judul gambar menggunakan 1 spasi.
  3. Naskah dicetak pada kertas ukuran A4 dengan batas (margin) pada keempat sisi adalah 3 cm dan jumlah halaman 12-20 (dilengkapi nomor halaman pada kanan bawah, dan nomor baris).
  4. Naskah disusun dengan urutan: judul, nama penulis, nama dan alamat lengkap instansi setiap penulis, abstrak, pendahuluan, materi dan metode, atau metode (khusus untuk sosial ekonomi), hasil dan pembahasan, kesimpulan, ucapan terima kasih (kalau ada), serta daftar pustaka.

 

TATA CARA PENULISAN NASKAH

  1. Judul  harus  singkat,  jelas,  spesifik,  dan  informatif  yang mencerminkan secara tepat isi naskah. Panjang judul maksimal 20 kata ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (dicetak miring). Setiap kata pada judul naskah diawali dengan huruf kapital, kecuali kata: di, ke, dari, dan, yang, untuk, terhadap, dalam, pada, yang tidak terletak pada posisi awal judul.
  2. Nama penulis ditulis lengkap tanpa singkatan dan tanpa gelar.
  3. Nama lembaga/institusi ditulis untuk seluruh penulis disertai dengan alamat lengkap.
  4. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris (dicetak miring) dan bahasa Indonesia, baik untuk naskah berbahasa Indonesia maupun naskah berbahasa Inggris, tidak melebihi 200 kata, dan dalam satu paragraf. Abstrak ditulis secara utuh menggambarkan esensi naskah yang memuat latar belakang, metode, hasil, dan kesimpulan, serta mengandung semua kata kunci.
  5. Kata kunci (keywords) maksimal 5 (lima) kata atau frasa ditulis 2 spasi setelah abstrak, dan dicetak miring.
  6. Pendahuluan ditulis secara efisien dan menggambarkan latar belakang, tujuan dan literatur pustaka yang mendukung.
  7. Materi dan Metode ditulis secara lengkap dan rinci sehingga penelitian tersebut sangat memungkinkan untuk diulang oleh peneliti lain, terutama hal-hal yang menyangkut bahan, penarikan contoh, prosedur, desain penelitian dan pengolahan data.
  8. Hasil dan Pembahasan memuat hasil yang diperoleh serta interpretasi yang dikaitkan dengan hasil-hasil penelitian sebelumnya.
  9. Kesimpulan bersifat umum yang menggambarkan substansi hasil penelitian yang diperoleh, bukan merupakan ringkasan hasil.
  10. Ucapan Terima Kasih kalau ada.
  11. Tabel

a) Tabel harus memberikan informasi yang jelas, utuh dan bersifat independen (meskipun dibaca tanpa teks naskah).

b) Judul berupa kalimat singkat, jelas dan informatif tentang data tabel. Judul untuk penelitian sosial ekonomi harus disertai lokasi dan waktu pelaksanaan penelitian. Huruf kapital hanya digunakan pada awal kata pertama judul, diletakkan di atas tabel, dan diberi nomor urut dengan angka arab.

c) Garis pemisah dibuat dalam bentuk horisontal (mendatar) terdiri atas tiga garis, yaitu dua pada bagian atas (judul kolom) dan satu pada penutup tabel, serta tidak diperkenankan menggunakan garis vertikal pada tabel.

d) Data dilengkapi dengan standar deviasi (SD), standard error (SE) atau sejenisnya untuk menggambarkan variasi dan sebaran data.

e) Penulisan keterangan signifikansi data secara statistik, menggunakan kalimat “superskrip berbeda pada baris/kolom yang sama menunjukkan berbeda nyata/sangat nyata (P<0,05)/(P<0,01)”.

f) Setiap singkatan atau simbol yang digunakan dalam tabel selalu diberi keterangan di bawah tabel sebagai penjelasan singkat singkatan atau simbol tersebut.

g) Tabel dibuat dalam format excel, disertakan file nya pada saat pengiriman naskah.

12. Gambar dan Grafik

a) Judul menggunakan jenis huruf yang seragam dengan naskah, diletakkan di bawah gambar dan grafik, berupa kalimat singkat, jelas (hanya kata pertama yang menggunakan huruf kapital), serta diberi nomor urut sesuai dengan letaknya.

b) Keterangan/simbol-simbol gambar dijelaskan pada judul dan tidak terpisah dari judul.

c) Ukuran gambar dan grafik harus masih dapat terbaca dengan jelas jika ukurannya dikecilkan hingga 50%.

d) Ukuran penyebaran data (SD, SE, atau CV) selalu disertakan dalam setiap grafik yang dibangun dari angka-angka hasil pengamatan.

e) Grafik yang berbentuk kolom dibuat dalam bentuk 2-dimensi dengan isian berupa arsiran dan tidak berupa solid atau warna blok.

f) Gambar dan grafik dibuat dalam format jpeg, disertakan file nya pada saat pengiriman naskah.

13. Tatanama latin 2 atau 3 kata (dicetak miring) digunakan untuk tanaman, hewan, serangga, mikroorganisme, dan penyakit. Nama lengkap kimia digunakan untuk senyawaan pada penyebutan pertama kali. Nama umum atau generik dapat pula digunakan.

14. Satuan pengukuran dipakai Sistem Internasional (SI).

15. Penulisan angka desimal untuk bahasa Indonesia dipisahkan dengan koma ( , ), dan untuk bahasa Inggris dengan titik ( . ).

16. Pustaka

a) Pengacuan menggunakan referensi 10 tahun terakhir dengan proporsi pustaka jurnal di atas 50%.

b) Pustaka yang digunakan adalah pustaka primer (jurnal, disertasi, tesis, dan dokumen paten) yang relevan, tidak diperkenankan mengutip kutipan sebagai acuan pustaka, dan tidak diperkenankan menggunakan pustaka ”Anonim” sebagai sumber acuan pustaka.

c) Tidak menggunakan skripsi sebagai sumber acuan pustaka.

d) Pengutipan pustaka dari internet hanya diperbolehkan dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan, seperti jurnal, instansi pemerintah atau swasta. Penulisan pustaka dari internet agar mencantumkan tanggal pengambilan data tersebut.

e) Daftar pustaka memuat nama pengarang yang dirujuk dalam naskah, disusun menurut abjad pengarang dan tahun penerbitan. Penulisan pustaka berupa buku: dicantumkan semua nama penulis, tahun, judul buku, penerbit dan kota tempat terbit. Penulisan pustaka berupa jurnal: dicantumkan nama penulis, tahun, judul tulisan, nama jurnal, volume, nomor publikasi dan halaman. Artikel dalam buku dicantumkan nama penulis, tahun, judul tulisan, editor, judul buku, penerbit dan tempat.

17. Heading

a) Heading, diketik kapital, ditebalkan, diletakkan di tengah; meliputi ABSTRACT, PENDAHULUAN, MATERI DAN METODE, HASIL DAN PEMBAHASAN, KESIMPULAN, UCAPAN TERIMA KASIH, DAFTAR PUSTAKA.

b) Sub-heading, diketik menggunakan huruf kapital pada awal kata, diletakkan di tengah dan ditebalkan.

c) Sub-sub-heading, diketik menggunakan huruf kapital hanya pada awal kalimat, diletakkan di awal paragraf, ditebalkan, dan diikuti titik. Teks diketik dua ketuk setelah judul sub-sub-heading.

18. Alamat Korespondensi perlu dicantumkan dibagian akhir tulisan untuk memudahkan komunikasi dengan penulis, yakni: nama lengkap dan gelar setiap penulis, alamat lengkap instansi, nomor telepon dan e-mail penulis utama.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Publication: 250000.00 (IDR)
If this paper is accepted for publication, you will be asked to pay an Article Publication Fee to cover publications costs.

If you do not have funds to pay such fees, you will have an opportunity to waive each fee. We do not want fees to prevent the publication of worthy work.