Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Peternakan Indonesia (Indonesian Journal of Animal Science)?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

  • Template Manuskrip dapat download di sini.
  • Himbauan Menulis dapat download di sini.
  • Panduan Penulisan dapat download di sini.
  • Surat Pernyataan bahwa naskah belum pernah diterbitkan dan tidak sedang diproses oleh Media Cetak selain JPI dapat download di sini.

 KETENTUAN UMUM

  1. Naskah belum pernah diterbitkan yang dinyatakan dengan surat pernyataan dalam form terlampir.
  2. Naskah merupakan hasil penelitian, analisis kebijakan atau gagasan dengan topik yang aktual di bidang peternakan.
  3. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Naskah dalam bahasa Indonesia ditulis mengikuti Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.
  4. Penulis mengirimkan naskah dalam bentuk soft copy atau file elektronik melalui e-mail.
  5. Penulis minimal 2 (dua) orang.
  6. Jadwal penerbitan adalah bulan Februari, Juni dan Oktober.

 STANDAR PENULISAN

  1. Naskah ditulis menggunakan program Microsoft Word. Huruf standar yang digunakan untuk penulisan adalah Times New Roman 12.
  2. Naskah ditulis dengan jarak 2 spasi, kecuali judul, tabel (judul, tubuh, dan keterangan), dan judul gambar menggunakan 1 spasi.
  3. Naskah dicetak pada kertas ukuran A4 dengan batas (margin) pada keempat sisi adalah 3 cm dan jumlah halaman 12-20 (dilengkapi nomor halaman pada kanan bawah, dan nomor baris).
  4. Naskah disusun dengan urutan: judul, nama penulis, nama dan alamat lengkap instansi setiap penulis, abstrak, pendahuluan, materi dan metode, atau metode (khusus untuk sosial ekonomi), hasil dan pembahasan, kesimpulan, ucapan terima kasih (kalau ada), serta daftar pustaka.

 TATA CARA PENULISAN NASKAH

  1. Judul  harus  singkat,  jelas,  spesifik,  dan  informatif  yang mencerminkan secara tepat isi naskah. Panjang judul maksimal 20 kata ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (dicetak miring). Setiap kata pada judul naskah diawali dengan huruf kapital, kecuali kata: di, ke, dari, dan, yang, untuk, terhadap, dalam, pada, yang tidak terletak pada posisi awal judul.
  2. Nama penulis ditulis lengkap tanpa singkatan dan tanpa gelar.
  3. Nama lembaga/institusi ditulis untuk seluruh penulis disertai dengan alamat lengkap.
  4. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris (dicetak miring) dan bahasa Indonesia, baik untuk naskah berbahasa Indonesia maupun naskah berbahasa Inggris, tidak melebihi 200 kata, dan dalam satu paragraf. Abstrak ditulis secara utuh menggambarkan esensi naskah yang memuat latar belakang, metode, hasil, dan kesimpulan, serta mengandung semua kata kunci.
  5. Kata kunci (keywords) maksimal 5 (lima) kata atau frasa ditulis 2 spasi setelah abstrak, dan dicetak miring.
  6. Pendahuluan ditulis secara efisien dan menggambarkan latar belakang, tujuan dan literatur pustaka yang mendukung.
  7. Materi dan Metode ditulis secara lengkap dan rinci sehingga penelitian tersebut sangat memungkinkan untuk diulang oleh peneliti lain, terutama hal-hal yang menyangkut bahan, penarikan contoh, prosedur, desain penelitian dan pengolahan data.
  8. Hasil dan Pembahasan memuat hasil yang diperoleh serta interpretasi yang dikaitkan dengan hasil-hasil penelitian sebelumnya.
  9. Kesimpulan bersifat umum yang menggambarkan substansi hasil penelitian yang diperoleh, bukan merupakan ringkasan hasil.
  10. Ucapan Terima Kasih kalau ada.
  11. Tabel
  • Tabel harus memberikan informasi yang jelas, utuh dan bersifat independen (meskipun dibaca tanpa teks naskah).
  • Judul berupa kalimat singkat, jelas dan informatif tentang data tabel. Judul untuk penelitian sosial ekonomi harus disertai lokasi dan waktu pelaksanaan penelitian. Huruf kapital hanya digunakan pada awal kata pertama judul, diletakkan di atas tabel, dan diberi nomor urut dengan angka arab.
  • Garis pemisah dibuat dalam bentuk horisontal (mendatar) terdiri atas tiga garis, yaitu dua pada bagian atas (judul kolom) dan satu pada penutup tabel, serta tidak diperkenankan menggunakan garis vertikal pada tabel.
  • Data dilengkapi dengan standar deviasi (SD), standard error (SE) atau sejenisnya untuk menggambarkan variasi dan sebaran data.
  • Penulisan keterangan signifikansi data secara statistik, menggunakan kalimat “superskrip berbeda pada baris/kolom yang sama menunjukkan berbeda nyata/sangat nyata (P<0,05)/(P<0,01)”.
  • Setiap singkatan atau simbol yang digunakan dalam tabel selalu diberi keterangan di bawah tabel sebagai penjelasan singkat singkatan atau simbol tersebut.
  • Tabel dibuat dalam format excel, disertakan file nya pada saat pengiriman naskah.

12. Gambar dan Grafik

  • Judul menggunakan jenis huruf yang seragam dengan naskah, diletakkan di bawah gambar dan grafik, berupa kalimat singkat, jelas (hanya kata pertama yang menggunakan huruf kapital), serta diberi nomor urut sesuai dengan letaknya.
  • Keterangan/simbol-simbol gambar dijelaskan pada judul dan tidak terpisah dari judul.
  • Ukuran gambar dan grafik harus masih dapat terbaca dengan jelas jika ukurannya dikecilkan hingga 50%.
  • Ukuran penyebaran data (SD, SE, atau CV) selalu disertakan dalam setiap grafik yang dibangun dari angka-angka hasil pengamatan.
  • Grafik yang berbentuk kolom dibuat dalam bentuk 2-dimensi dengan isian berupa arsiran dan tidak berupa solid atau warna blok.
  • Gambar dan grafik dibuat dalam format jpeg, disertakan file nya pada saat pengiriman naskah.

13. Tatanama latin 2 atau 3 kata (dicetak miring) digunakan untuk tanaman, hewan, serangga, mikroorganisme, dan penyakit. Nama lengkap kimia digunakan untuk senyawaan pada penyebutan pertama kali. Nama umum atau generik dapat pula digunakan.

14. Satuan pengukuran dipakai Sistem Internasional (SI).

15. Penulisan angka desimal untuk bahasa Indonesia dipisahkan dengan koma ( , ), dan untuk bahasa Inggris dengan titik ( . ).

16. Pustaka

  • Pengacuan menggunakan referensi 10 tahun terakhir dengan proporsi pustaka jurnal di atas 50%.
  • Pustaka yang digunakan adalah pustaka primer (jurnal, disertasi, tesis, dan dokumen paten) yang relevan, tidak diperkenankan mengutip kutipan sebagai acuan pustaka, dan tidak diperkenankan menggunakan pustaka ”Anonim” sebagai sumber acuan pustaka.
  • Tidak menggunakan skripsi sebagai sumber acuan pustaka.
  • Pengutipan pustaka dari internet hanya diperbolehkan dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan, seperti jurnal, instansi pemerintah atau swasta. Penulisan pustaka dari internet agar mencantumkan tanggal pengambilan data tersebut.
  • Daftar pustaka memuat nama pengarang yang dirujuk dalam naskah, disusun menurut abjad pengarang dan tahun penerbitan. Penulisan pustaka berupa buku: dicantumkan semua nama penulis, tahun, judul buku, penerbit dan kota tempat terbit. Penulisan pustaka berupa jurnal: dicantumkan nama penulis, tahun, judul tulisan, nama jurnal, volume, nomor publikasi dan halaman. Artikel dalam buku dicantumkan nama penulis, tahun, judul tulisan, editor, judul buku, penerbit dan tempat.

17. Heading

  • Heading, diketik kapital, ditebalkan, diletakkan di tengah; meliputi ABSTRACT, PENDAHULUAN, MATERI DAN METODE, HASIL DAN PEMBAHASAN, KESIMPULAN, UCAPAN TERIMA KASIH, DAFTAR PUSTAKA.
  • Sub-heading, diketik menggunakan huruf kapital pada awal kata, diletakkan di tengah dan ditebalkan.
  • Sub-sub-heading, diketik menggunakan huruf kapital hanya pada awal kalimat, diletakkan di awal paragraf, ditebalkan, dan diikuti titik. Teks diketik dua ketuk setelah judul sub-sub-heading.

18. Alamat Korespondensi perlu dicantumkan dibagian akhir tulisan untuk memudahkan komunikasi dengan penulis, yakni: nama lengkap dan gelar setiap penulis, alamat lengkap instansi, nomor telepon dan e-mail penulis utama.

 PROSES PENENTUAN DAN PENERBITAN NASKAH

  1. Setiap naskah yang memenuhi aturan penulisan dari JPI akan diproses oleh Penyunting Pelaksana, serta ditelaah oleh 2 (dua) orang dari Tim Penelaah/Mitra Bebestari sesuai bidang keahlian.
  2. Penulis berkewajiban memperbaiki naskah sesuai saran dari Penyunting Pelaksana dan Penelaah, sedangkan naskah yang ditolak akan dikembalikan kepada penulis.
  3. Penentuan layak atau tidaknya naskah yang akan dipublikasikan, ditentukan oleh Dewan Redaksi.
  4. Hak cipta naskah yang dimuat ada pada JPI.

 

 

Pemberitahuan Hak Cipta

Hak cipta tulisan dan isi dari pekerjaan penulis adalah milik penulis. Sedangkan pemakaian hasil publikasi yang ada pada JPI harus mengikuti aturan lisensi dari Creative Commons seperti pada link berikut :

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang didaftarkan di jurnal ini akan digunakan secara eksklusif hanya untuk kepentingan terkait jurnal ini dan tidak akan diedarkan untuk tujuan lain atau untuk kepentingan pihak lain.

Namun demikian, JPI tidak mampu menelusuri apakah pengguna Internet lain akan memakai aplikasi 'penambang email' untuk menelusuri email penulis yang terdaftar di jurnal ini. Atas hal ini JPI tidak bisa menyatakan bertanggung jawab.

 

Biaya Penulis

Jurnal ini menarik biaya dari biaya penulis berikut ini.

Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah: 250000.00 (IDR)

Biaya penerbitan artikel/naskah dan berlangganan Jurnal Peternakan Indonesia (JPI) selama 1 (satu) tahun serta berhak mendapatkan 3 (tiga) eksemplar cetak lepas dan 1 (satu) eksemplar JPI yang memuat naskah penulis.

Pembayaran dapat dilakukan melalui rekening :

BNI Cabang Padang : a.n Jurnal Peternakan Indonesia

No. rekening : 0216989259