Analisis Keputusan Pembelian Ayam KUB dalam Memenuhi Kebutuhan Upacara Adat dan Agama di Provinsi Bali
Abstract
Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) dimanfaatkan sebagai sumber protein dan sebagai bahan upakara adat dan keagamaan di Provinsi Bali. Penelitian bertujuan untuk menganalisis keputusan pembelian ayam KUB dalam memenuhi kebutuhan upacara adat dan agama di Provinsi Bali. Responden penelitian berjumlah 179, terdiri dari 89 konsumen rumah tangga serta 90 pedagang caru dan banten yang ditentukan dengan metode multi stage sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui survei menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ayam dengan jumlah permintaan konsumen rumah tangga tertinggi adalah ayam brumbun (76,40%), putih (10,11%), hitam (8,99%), biing (1,12), dan warna lainnya (1,12%). Keputusan pembelian sebagian besar ditentukan berdasarkan spesifikasi warna (65,17%) dan jenis ayam (33,71%). Sedangkan lokasi, harga, dan pelayanan tidak menjadi pertimbangan utama konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Tingginya permintaan ayam KUB warna brumbun berdampak pada kelangkaan dan sulitnya pedagang memenuhi permintaan dengan nilai lebih dari 45%. Kesimpulannya, usaha peternakan ayam KUB dengan spesifikasi warna berpotensi untuk dikembangkan karena permintaan ayam KUB akan tetap ada untuk memenuhi kebutuhan upacara adat dan agama di Provinsi Bali. Perlu adanya upaya untuk menumbuhkan minat usaha peternak memelihara ayam KUB berdasarkan spesifikasi warna untuk mengatasi kelangkaan ayam KUB khususnya di Provinsi Bali.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Acri, A. and M. Stephen. 2018. Mantras to make demons into Gods old Javanes texts and the Balinese Bhūtayajñas. Bull. Ec. Fr. Extr. Orient. 104(1):141–203.
Alders, R. G., A. Campbell., R. Costa., E. F. Guèye., M. A. Hoque., R. Perezgrovas-Garza., A. Rota, and K. Wingett. 2021. Livestock across the world: Diverse animal species with complex roles in human societies and ecosystem services. Anim. Front. 11(5):20–29.
Ardika, I. N., N. W. Siti., N. M. S. Sukmawati., N. G. K. Roni, dan I. N. S. Miwada. 2015. Produksi ayam sarana ritual bagi umat Hindu Bali melalui aplikasi teknik breeding. NGAYAH: Majalah Aplikasi Ipteks. 6:74–82.
Auf, M. A. A., H. Meddour, O. Saoula, and A. H. A. Majid. 2018. Consumer buying behaviour: The roles of price, motivation, perceived culture importance, and religious orientation. J. Bus. Retail. Manag. Res. 12(4):177–186.
Bakrie, B., E. S. Rohaeni., Y. Yusriani, and S. Tirajoh. 2021. The development of a newly formed superior local chicken in Indonesia - A review. J. Hunan University (Natural Science). 48(9):25–34.
Budaarsa, K. dan K. M. Budiasa. 2013. Jenis Hewan Upakara dan Upaya Pelestariannya. In Seminar Hewan Upakara Fakultas Peternakan Universitas Udayana, 29 Oktober 2013.
Cooper, D. R. and P. S. Schindler. 2014. Business Research Methods. In Business Research Methods (12th ed.). McGraw-Hill. New York.
Dewi, N. M. A. K., S. P. Syahlani, and F. T. Haryadi. 2021. The choice of information sources and marketing channel of Bali cattle farmers in Bali Province. Open Agric. 6(1):413–425.
Fiaz, S., M. A. Noor, and F. O. Aldosri. 2018. Achieving food security in the Kingdom of Saudi Arabia through innovation: Potential role of agricultural extension. J. Saudi Society Agric. Sci. 17(4):365–375.
Hanaysha, J. R. 2018. An examination of the factors affecting consumer’s purchase decision in the Malaysian retail market. PSU Res. Rev. 2(1):7–23.
Iskandar, S. dan A. P. Sinurat. 2018. Petunjuk Teknis Produksi Ayam Lokal Pedaging Uggul (Program Perbibitan Tahun 2017-2018). Livestock Research and Development Center.
Jung, I. N., A. Sharma, and A. S. Mattila. 2022. The impact of supermarket credibility on purchase intention of novel food. J. Retailing Consum. Serv. 64(1), 1–9.
Kantriani, N. K. 2021. Ngelungah ceremony in Pitra Yadnya. Kamaya: J. Ilmu Agama. 4(1):114–127.
[Kepmentan] Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 274/Kpts/SR.120/2/2014 tentang Pelepasan Galur Ayam KUB-1. Sekretariat Menteri Pertanian. Jakarta.
Kim, J., M. Lee, W. Kwon, H. Park, and K. J. Back. 2022. Why am I satisfied? See my reviews – Price and location matter in the restaurant industry. International Journal of Hospitality Management. 101(1):1–9.
Narayanan, S., J. Gruber, G. Liedtke, and C. Antoniou. 2022. Purchase intention and actual purchase of cargo cycles: Influencing factors and policy insights. Transportation Research Part A: Policy and Practice. 155(1):31–45.
Prasad, R. K. and M. K. Jha. 2014. Consumer buying decisions models: A descriptive study. Int. J. Innov. Appl. Stud. 6(3):335-351.
Puteri, N. I., Gushairiyanto, and Depison. 2020. Growth patterns, body weight, and morphometric of KUB chicken, Sentul chicken, and Arab chicken. Buletin Peternakan. 44(3):67–72.
Putri, B. R. T., I. N. Suparta., N. M. S. Sukmawati, N. L. G. Sumardani, and J. Hellyward. 2019. Potential area analysis of Nusa Penida island for native pig farming development. J. Biol. Chem. Res. 36(1):87–91.
Rachmawati, D., S. Shukri., S. M. F. Azam, and A. Khatibi. 2019. Factors influencing customers’ purchase decision of residential property in selangor, malaysia. Manag. Sci. Letters. 9(9):1341–1348.
Rayi, G. and M. Aras. 2021. How product innovation and motivation drive purchase decision as consumer buying behavior. J. Distribution Sci. 19(1):49–60.
Riwun., I. A. G. Yadnyawati, and I. W. S. Yasa. 2019. Nyorat ceremony of Hindu Kaharingan adherents: Telawang District, East Kotawaringin Regency. Int. J. Linguistics, Literature, Culture. 5(3):1–8.
Rubianti, A., Y. Achadri., M. Kote., S. Ratnawaty, and P. R. Matitaputty. 2021. The effect of environmental factors on the productivity of Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) chicken in Nusa Tenggara Timur (NTT). IOP Conference Series: Earth and Environmental Science. 807(3):8–11.
Sadílek, T. 2019. Consumer preferences regarding food quality labels: the case of Czechia. British Food J. 121(10):2508–2523.
Sekaran, U. and R. Bougie. 2016. Researh Methods for Business: A Skill-Building Approach. John Wiley & Sons Ltd. United Kingdom.
Sudana, O., I. D. N. N. Putra., A. Wirdiani, and D.A.N. Taradhita. 2020. E-upakara, bebanten learning information system with three diagram model. Scientific J. Inform. 7(1):22–32.
Suryani, N. G. A. P., I. P. Gelgel, and I. B. Dharmika. 2020. Non-medical medicine culture on Siwa Murti Bali School. Int. J. Linguistics, Literature, Culture. 6(5):21–30.
Suryathi, N. W. S., M. Antara., N. B. Atmaja, and W. Windia. 2018. The effect of Tri Hita Karana local wisdom on financial performance of UP3HP Jempiring Group in regency Badung. SEAS (Sustainable Environment Agricultural Science). 2(1):27–40.
Sutrisno, I. H., B. Akob., Z. I. Navia., Nuraini, and A. B. Suwardi. 2020. Documentation of ritual plants used among the Aceh tribe in Peureulak, East Aceh District, Indonesia. Biodiversitas. 21(11):4990–4998.
Xygalatas, D., P. Maňo., V. Bahna., E. K. Klocová., R. Kundt., M. Lang, and J. H. Shaver. 2021. Social inequality and signaling in a costly ritual. Evol. Hum. Behav. 42(1):524–533.
Yamayanti, K. P. 2020. Issues in translation of Balinese cultural terms into english. Indonesian EFL Journal. 6(1):63.
Yanti, N. L. G. M., I. N. Lestawi, and I. B. G. Candrawan. 2019. Tebasan Penawa Sangga on piodalan in Pura Luhur Pucak Padang Dawa Baturiti (Hindu Aesthetic Perspective). Kamaya: J. Ilmu Agama. 2(3):226–237.
Zeqiri, J., B. Alserhan., K. Gleason, and V. Ramadani. 2022. Desecularization, social identity, and consumer intention to purchase religious products. Technological Forecasting and Social Change. 177(1): 1–10.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.