Kesukaan, Sikap, Kepuasan, dan Kesetiaan Peternak dalam Mengusahakan Sapi Pasundan di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat
Abstract
Walau ternak Sapi Pasundan dipelihara secara sampingan, penelitian dilakukan untuk mengetahui empat atribut dari peternak: kesukaan, sikap, kepuasan, dan kesetiaan dalam berusaha. Kajian dilakukan dengan menggunakan metode survei pada Bulan November 2019 di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Jumlah responden terpilih sebanyak 41 orang yang ditelusuri dengan two stage sampling. Analisa menggunakan Cochran Q Test, uji tingkat kesukaan, fishbein, uji tingkat kepuasan dan kesetiaan. Hasil kajian menunjukkan bahwa peternak mempertimbangkan 16 dari 20 atribut yang dianalisis ketika memelihara sapi. Analisis kesukaan, sikap dan kepuasan memperlihatkan bahwa peternak “cukup suka, cukup baik, dan cukup puas” dalam memelihara sapi. Kategori “cukup” ini menunjukkan bukti bahwa sapi Pasundan bukan merupakan harapan utama peternak dalam berusaha, oleh karena peternak lebih menyukai jenis sapi impor, seperti Limousin. Kendati begitu, peternak tetap setia (98,56%) untuk melanjutkan memelihara sapi Pasundan. Dalam hal ini, peternak di Kabupaten Tasikmalaya tidak dapat berkontribusi dalam penyediaan daging sapi nasional asal ternak sapi Pasundan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andri, A., Wati, R. dan Suresti, A. 2011. Analisis Faktor – faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Peternak Ayam Ras Petelur di Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima 50 Kota. Jurnal Peternakan Indonesia 13(3): 205-214.
Blasco, M. F., Velazquez, B. M. and Saura, I. G. 2014. Effect of Customer Heterogeneity on the Relationship Satisfaction-Loyalty. Revista Española de Investigación de Marketing ESIC 18: 78-92.
Collado, D. M., Byrne, T. J., Amer, P. R., Santos, B. F. S., Axford, M. and Pryce, J. E. 2015. Analyzing the Heterogeneity of Farmers’ Preferences for Improvements in Dairy Cow Traits using Farmer Typologies. American Dairy Science Association 98(6): 4148-4161.
Daidone, S., Davis, B., Handa, S. and Winters, P. 2019. The Household and Individual-Level Productive Impacts of Cash Transfer PRograms in Sub-Sharan Africa. American Journal of Agricultural Economics 101(5): 1401-1431.
Holdershaw, J. and Gendall, P. 2008. Understanding and Predicting Human Behaviour. Annual Conference of the Australian & New Zealand Communication Association Wellington Aotearoa New Zealand 2008. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/228475561_Understanding_and_predicting_human_behaviour. Tanggal akses 25 Februari 2020.
Hurriyati, R. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Penerbit CV Alfabeta, Bandung.
Indrayani, I. dan Andri. 2018. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Ternak Sapi Potong di Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Peternakan Indonesia 20(3): 151-159.
Keita, L. 2012. Revealed Preference Theory, Rationality, and Neoclassical economics: science or ideology. Journal of Africa Development 37(4): 73-116.
Kotler, P. dan Armstrong, G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Lukuyu, M. N, Gibson, J. P., Savage, D. B., Rao, E. J. O., Ndiwa, N. and Duncan, A. J. 2019. Farmers’ Perceptions of Dairy Cattle Breeds, Breeding and Feeding Strategies: A Case of Smallholder Dairy Farmers in Western Kenya. East African Agricultural and Forestry Journal 83(4): 351-367.
Maryam, P. dan M. B. Astati. 2016. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penentu Pendapatan Usaha Peternakan Sapi Potong. Jurnal Ilmu dan Industri Peternakan. 3(1): 79-101.
Simamora, B. 2001. Remarketing for Business Recovery, sebuah pendekatan riset. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Simamora, B. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Skjerve, T. A., Grova, L., Sorheim, L. K., Slagboom, M., Eriksson, S., Kargo, M. and Wallenbeck, A. 2018. Acta Agriculturae Scandinavica, Section A - Animal Science, Taylor and Francis Group 68(3): 117-123.
Slagboom, M., Kargo, M., Edwards, D., Sorensen, A. C., Thomasen, J. R. and Hjorto, L. 2017. Herd Characteristics Influence Farmers’ Preferences for Trait Improvements in Danish Red and Danish Jersey Cows. Acta Agriculturae Scandinavica, Section A - Animal Science, Taylor and Francis Group 1-6.
Smeulders, B., Crama, Y. and Spieksma, F. C. R. 2019. Revealed Preference Theory: An Algorithmic Outlook. European Journal of Operational Research 272(3): 803-815.
Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penilaian. Penerbit Alfabeta. Bandung.
Sumardi, M. dan Evers, H. D. 1982. Kemiskinan dan Kebutuhan Pokok. Penerbit Rajawali, Jakarta.
Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Umar, H. 2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Utomo, A. P. 2007. Kajian tentang Pengaruh Two Stage Cluster Sampling terhadap Statistik Uji-F. Jurnal Matematika, Sains, dan Teknologi 8(2): 89-97.
Wahyudi, D., Sulistiani, E. and Muhajat, M. H. 2019. The Impact of Farmer’s Attitude and Perceived Quality to Farmer’s Satisfaction and its Effect on Brand Loyalty. Journal of Research in Business, Economics, and Education 1(1):45-57.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.