Pola Konsumsi Pangan Hewani pada Rumahtangga di Propinsi Sumatera Barat (Penerapan Model Almost Ideal Demand System)

A. P. Ermanda, Jafrinur Jafrinur, J. Hellyward

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola konsumsi pangan hewani terutama daging sapi, unggas dan ikan pada rumahtangga di Propinsi Sumatera Barat. Penelitian ini memakai pendekatan ekonometrika dengan membangun model fungsi permintaan untuk komoditas daging sapi, daging unggas dan ikan dengan memakai data mentah hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) untuk Propinsi Sumatera Barat Tahun 2018. Jumlah sampel penelitian sebanyak 100 rumahtangga. Data dianalisis dengan menggunakan model Almost Ideal Demand System (AIDS). Variable yang digunakan didalam model, yaitu harga daging sapi, harga daging unggas, harga ikan, total pengeluaran rumah tangga, jumlah anggota rumah tangga, umur ibu rumah tangga, dummy pendidikan ibu rumah tangga (berpendidikan tinggi, berpendidikan rendah), dan dummy wilayah (kota, desa). Pola konsumsi dari permintaan daging sapi, daging unggas dan ikan ditandai dengan R2 bernilai 0,8233, artinya 82,33% dari variabel yang digunakan dalam model dapat menjelaskan keragaman pola konsumsi daging sapi, unggas dan ikan di Propinsi Sumatera Barat dan sisanya sebesar 18,62% tidak dapat dijelaskan oleh variabel yang digunakan dalam model.

Keywords


pangan hewani; pola konsumsi; rumahtangga; Sumatera Barat

References


Ariningsih, E. 2004. Analisis Perilaku Konsumsi Pangan Sumber Protein Hewani dan Nabati Pada Masa Krisis Ekonomi di Jawa. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian. 2004.

Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional. 2011. Rencana Aksi Nasional Pangan dan Gizi 2011 – 2015. Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS). Jakarta.

Badan Pusat Statistik (BPS) Propinsi Sumatera Barat. 2018. Sumatera Barat Dalam Angka Tahun 2017. Padang.

Budiwinarto, K. 2006. Penerapan Model Almost Ideal Demand System (AIDS) pada Pola Konsumsi Pangan Rumahtangga Nelayan di Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas, Fakultas Ekonomi Universitas Surakarta.

Deaton. M. and J. Muellbauer. 1980. An Almost Ideal Demand System. American Economic Review 70 no 3 (Jun 1980). Pp. 312-326. American Economic Association.

Hardjosworo dan Rukminasih. 2000. Peningkatan Produksi Ternak Unggas. Penebar Swadaya. Jakarta.

Jafrinur., J. Yusri, dan R. Wati. 2009. Pengembangan model fungsi konsumsi untuk komoditi pangan hewani (Kasus Kota Padang Propinsi Sumatera Barat). Laporan hasil penelitian fundamental.DP2M Dikti. Universitas Andalas, Padang.




DOI: https://doi.org/10.25077/jpi.21.3.220-229.2019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visitor

View My Stats

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Peternakan Indonesia (JPI) 

Fakultas Peternakan Universitas Andalas.
Kampus Unand Limau Manis Padang-25163, Sumatera Barat, Indonesia.