Analisis Struktur Biaya dan Pendapatan Usaha Peternakan Ayam Pedaging dengan Menggunakan Closed House System dan Open House System

S. Pakage, B. Hartono, B. A. Nugroho, D. A. Iyai

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur biaya dan tingkat pendapatan usaha peternakan ayam pedaging dengan menggunakan closed house system dan open house system. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi biaya tetap tertinggi pada closed house system berturut-turut adalah biaya peralatan (81,97%), biaya penyusutan kandang (14,40%), tandon air (1,66%), bangunan listrik (1,20), dan gudang (0,77%), sedangkan pada peternak open house system berturut-turut dari tertinggi adalah biaya kandang (50,26%), biaya peralatan (42,86), biaya tandon air, dan gudang. Proporsi biaya variabel tertinggi pada kedua kelompok peternak adalah biaya pakan, biaya DOC, tenaga kerja, listrik, medicine dan bahan bakar. Proporsi biaya variabel pada kedua kelompok lebih dari 97 % dari total biaya. Rata-rata penerimaan yang diterima oleh peternak ayam pedaging yang menggunakan closed house system lebih tinggi bila dibandingkan dengan yang diterima oleh peternak ayam pedaging dengan open house system. Pendapatan per periode produksi yang diterima oleh peternak ayam pedaging dengan closed house system lebih tinggi bila dibandingkan dengan peternak open house system. Namun pendapatan per ekor maupun per kg bobot badan terlihat sebaliknya. Demikian juga rasio antara penerimaan dengan biaya (R/C) bahwa pada usaha peternakan ayam pedaging dengan open house system lebih tinggi (1,10) bila dibandingkan dengan pada closed house system (1,07).


Keywords


ayam pedaging; closed house system; open house system; pendapatan; struktur biaya

References


Ahyari, A. 1987. Pengendalian Produksi. BPFE. Yogyakarta

Bahari., D. I. Z. Fanani, dan B. A. Nugroho. 2012. Analisis Struktur Biaya dan Perbedaan Pendapatan Usaha Ternak Ayam Ras Pedaging pada Pola dan Skala Usaha Ternak Yang Berbeda di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. J. Ternak Tropika Vol. 13. No.1: 35-46.

Bahari. 2010. Contract Farming dan Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Ternak Ayam Potong. Disertasi. Program Doktor Ilmu-Ilmu Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang.

Fadillah, R. 2013. Super Lengkap Beternak Ayam Broiler. AgroMedia Pustaka. Jakarta.

Gittinger, J. P. 1986. Analisis Ekonomi Proyek-Proyek Pertanian. Edisi Kedua.: UI Press. Jakarta.

Ismail., I. Hari., D. Utami, dan B. Hartono. 2012. Analisa ekonomi usaha peternakan broiler yang menggunakan dua tipe kandang berbeda. Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan 23 (3): 11-16. Malang.

Soekartawi. 2006. Analisis Usahatani. Penerbit Universitas Indonesia. Jakarta

Yunus, R. 2009. Analisis Efisiensi Produksi Usaha Peternakan Ayam Ras Pedaging Pola Kemitraan Dan Mandiri di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah. Tesis Magister Program PascasarjanaUniversitas Diponegoro. Semarang.




DOI: https://doi.org/10.25077/jpi.20.3.193-200.2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visitor

View My Stats

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Peternakan Indonesia (JPI) - Indonesian Journal of Animal Science

Fakultas Peternakan Universitas Andalas.
Kampus Unand Limau Manis Padang-25163, Sumatera Barat, Indonesia.
Copyrights by Unand © 2015