Bauran Pemasaran Susu Sapi dan Susu Kambing Segar di Kota Padang

W. Sartika, J. Hellyward

Sari


Pemasaran merupakan ujung tombak dalam suatu kegiatan usaha. Proses pengambilan keputusan untuk membeli suatu produk dipengaruhi oleh beberapa faktor dalam bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari produk, harga, promosi, dan tempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran (4P) terhadap kepuasan pembelian susu sapi dan susu kambing segar di Kota Padang. Lokasi penelitian berada di Kota Padang dimana metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Variabel yang digunakan adalah Produk (bentuk kemasan, kepraktisan kemasan, bahan kemasan, aroma susu, label kadaluarsa), Harga (harga produk, kesetujuan harga), Promosi (daya tarik iklan yang dilakukan dan sumber informasi produk), Tempat dan pelayanan (kenyamanan tempat, keramahan, dan letak lokasi). Analisa data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran susu sapi yang terdiri dari produk, harga, promosi dan tempat (4P) menghasilkan nilai R2 sebesar 41,2%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel 4P hanya berpengaruh sebesar 41,2% terhadap kepuasan konsumen dalam melakukan pembelian susu sapi segar sedangkan sisanya 58,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar 4P. Sedangkan untuk pembelian susu kambing, R2 sebesar 22,7% artinya variabel produk, harga, promosi dan tempat hanya mampu mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap pembelian susu kambing sebesar 22,7%.


Kata Kunci


bauran pemasaran; susu sapi; susu kambing

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arviansyah, R., Widjaya, S., dan Suriaty, S. 2015. Analisis Pendapatan dan Sistem Pemasaran Susu Kambing di Desa Sungai Langka Kec. Gedung Tataan Kab. Pesawaran. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis (JIIA) Vol. 3 No. 4, hal:363-369

Kotler, P dan Armstrong, G. 2008. Prisnsip-Prinsip Pemasaran, edisi 12. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Masrita. 2013. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Batik Jambi (Suatu Studi di Show Room Dekranasda Prov. Jambi), Jurnal Dinamikan Manajemen, Vo. 1 No.3, Hal 168-182

Moeljanto, R.D dan Wiryanta, B.T.W. 2002. Khasiat dan Manfaat Susu Kambing : Susu Terbaik dari Hewan Ruminansia. PT Agromedia Pustaka, Jakarta.

Nastiti, A dan Martoatmodjo, S. 2007. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Konsumen dengan Perilaku Konsumen sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, Manajemen Bisnis dan Sektor Publik, Vol.3 No. 3 hal:265-287.

Rahardja, P dan Manurung, M. 2002. Pengantar Ilmu Ekonomi; Makro dan Mikro, LP FE UI, Jakarta.

Sagantoro, S.R., Hartono, dan Hari Dwi, U. 2013. Analisis Bauran pemasaran dalam Pembelian Susu Pasteurisasi. Universitas Brawijaya. Malang.

Sartika, W dan Iskandar, I. 2017. Analisis Tataniaga Susu Kambing El Fitra Farm di Kota Padang. Prosiding Seminar Nasional PERSEPSI III: Pengembangan Agribisnis Peternakan untuk Memperkuat Ekonomi Perdesaan di Indonesia. Denpasar.

Sartika, W. 2016. Identifikasi Keberlanjutan Peternakan Susu Kambing El Fitra di Kota Padang. Prosiding Seminar Nasional PERTETA:Teknik Pertanian Untuk Mendukung Kemandirian Pangan Berbasis Kearifan Lokal. Padang.

Sukotjo, H dan Radi, S.A. 2010. Analisa Marketing Mix-7P (Product, Price, Promotion, Place, Participant, Process and Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, Vol. 1 No. 2 hal 216-226

Swasta, B. 2004. Pengantar Bisnis Modern. Edisi Ketiga. Penerbit Liberty. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.25077/jpi.19.3.178-184.2017

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Jurnal Peternakan Indonesia (JPI) - Indonesian Journal of Animal Science
Fakultas Peternakan Universitas Andalas.
Kampus Unand Limau Manis Padang-25163, Sumatera Barat, Indonesia.
Telp. +62751-71464, Email : jpi.andalas@yahoo.com
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.