Etika Publikasi

ETIKA PUBLIKASI
JURNAL PETERNAKAN INDONESIA
Indonesian Journal of Animal Science


PENDAHULUAN

Jurnal Peternakan Indonesia adalah jurnal peer-review yang memastikan bahwa semua karya yang dipublikasikan menjunjung tinggi standar etika publikasi akademik dan sangat menghindari plagiarisme. Oleh karena itu, penting untuk menyetujui bersama etika dalam publikasi jurnal ilmiah oleh semua pihak termasuk: penulis, editor, reviewer, penerbit dan asosiasi dalam mengembangkan lingkungan ilmiah yang kondusif dan untuk menghindari masalah-masalah yang mungkin timbul karena adanya konflik kepentingan.

TATACARA PENULISAN JURNAL ILMIAH

Jurnal ilmiah yang akan dipublikasikan harus menuliskan nama pihak-pihak yang telah berkontribusi pada proses penelitian tersebut dari penentuan konsep, desain, pemerolehan data dan analisis, serta interpretasi terhadap hasil penelitian yang dituliskan. Semua orang yang telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam penyusunan naskah harus tertulis sebagai penulis pendamping. Orang yang telah memberikan andil dalam aspek-aspek substantif tertentu dalam penelitian tetapi tidak memenuhi syarat sebagai penulis pendamping, harus diakui dan terdaftar sebagai kontributor. Penulis utama dan pendamping harus bertanggung jawab atas isi jurnal yang akan dipublikasikan. Sistem penulisan harus bisa memastikan bahwa semua penulis pendamping tercantum dalam jurnal, dan telah membaca serta menyetujui isi dari jurnal untuk dipublikasikan. Permintaan untuk menambah atau menghapus penulis atau untuk mengatur urutan nama penulis naskah harus diberitahukan sebelum dipublikasikan dan dikirim ke Pimpinan Redaksi.

TUGAS PENULIS

Penulis diwajibkan untuk mengikuti proses review yang ditetapkan oleh Jurnal Peternakan Indonesia.  Penulis harus menyajikan data-data yang memenuhi aspek originalitas tanpa adanya plagiarism ataupun memanipulasinya. Bentuk-bentuk plagiarisme adalah menyalin atau parafrase bagian substansi jurnal lain tanpa mensitasinya, mengakui tulisan orang lain sebagai tulisan sendiri, serta mengklaim hasil penelitian orang lain sebagai hasil penelitian sendiri. Plagiarisme dalam bentuk apapun termasuk dalam perilaku publikasi yang tidak etis dan tidak dapat diterima oleh Jurnal Peternakan Indonesia. Sebelum menyerahkan naskah jurnal kepada Jurnal Peternakan Indonesia, penulis utama harus memastikan bahwa semua penulis pendamping dan kontributor telah tertulis di dalamnya. Naskah yang diajukan tidak boleh digunakan untuk proses pengajuan ataupun telah diterima oleh jurnal lain. Penggunaan data yang telah diterbitkan di penerbit jurnal yang lain, harus disitasi secara benar. Penelitian dengan menggunakan hewan sebagai obyek, harus dipastikan dilakukan dengan memenuhi etika dan keselamatan hewan yang digunakan. Setiap potensi konflik kepentingan dengan orang lain yang bisa muncul harus dapat dihindari. Apabila diperlukan, penulis harus dapat memberikan koreksi, klarifikasi, dan permintaan maaf atas segala hal yang diperlukan oleh penerbit.


TUGAS REVIEWER

Reviewer berkewajiban untuk membantu dalam meningkatkan kualitas dari naskah yang akan diterbitkan melalui proses review yang obyektif dalam jangka waktu yang telah dijadwalkan. Reviewer harus memberikan kontribusi yang nyata pada proses pengambilan keputusan penerbitan naskah. Jika menemukan isi naskah yang akan diterbitkan mempunyai kemiripan dengan jurnal yang telah ada, reviewer wajib memberitahukan pihak editor. Reviewer harus menghindari potensi konflik kepentingan sehubungan dengan penelitian, penulis ataupun sponsor dana penelitian penulis. Setiap kerahasiaan informasi yang diberikan oleh editor ataupun penulis harus dijaga secara bersama-sama.

TUGAS EDITOR

Editor bertanggung jawab dan berwewenangan untuk menerima atau menolak semua artikel yang masuk. Editor tidak boleh memiliki kepentingan apapun yang berkaitan dengan naskah yang akan diterima ataupun ditolak. Editor harus obyektif dan adil dalam melaksanakan tugas tanpa harus membuat diskriminasi terhadap jenis kelamin, etnik, agama tertentu, kepentingan politik ataupun daerah asal penulis. Editor juga harus menerima naskah atas dasar akademis dan tanpa pengaruh orientasi komersial.

ETIKA PENERBITAN

Penulis, reviewer dan editor harus mampu menjaga integritas akademik selama seluruh proses penerbitan berlangsung. Orientasi ekonomi dan bisnis yang mengorbankan etika dan standar intelektual harus dihindari bersama-sama pada proses publikasi.

ETIKA VETERINER

Penulis harus memastikan bahwa penelitian yang melibatkan hewan dilakukan sesuai dengan etika dan kesejahteraan hewan. Semua hewan percobaan harus dirawat dan digunakan sesuai peraturan internasional, nasional atau lokal. Penulis harus menyatakan secara eksplisit dalam sebuah pernyataan / surat termasuk nama otoritas etika dan nomor persetujuan, bahwa percobaan disetujui oleh otoritas mengenai kepatuhan terhadap etika dan kesejahteraan hewan (Animal Walfare).
Penulis bisa merujuk kepada Standar Internasional untuk Editor dan Penulis (http://publicationethics.org/international-standards-editors-and-authors) oleh COPE (Committee on Publication Ethics) untuk kebijakan yang tidak tercantum dalam petunjuk ini.


JURNAL PETERNAKAN INDONESIA
Indonesian Journal of Animal Science
Fakultas Peternakan Universitas Andalas
Kampus Limau Manis, Padang, 25163 - Sumatera Barat
Telp./Fax: +62-751-71464 Mobile: +62-8126703848 (Dr.Simel Sowmen, SP, MP)
e-mail: jpi.andalas@yahoo.com
website: http://jpi.faterna.unand.ac.id