Bauran Pemasaran di Tempat Pemotongan Hewan (TPH) Sumber Rezeki
Abstract
Tempat pemotongan hewan (TPH) Sumber Rejeki berada di Desa Batembat Kecamatan Tengah Tani Kabupaten Cirebon usaha ini sudah berdiri sejak tahun 2000 pusat penjualan daging kerbau dan sapi dan tahun TPH Sumber Rejeki tahun 2005 sampai sekarang juga menjual hewan qurban, menyediakan jasa pemotongan hewan qurban dan pusat penjualan daging kerbau dan sapi. Oleh sebab penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran pemasaran di TPH Sumber Rejeki. Penelitian dilaksanakan di bulan September – Desember 2018 dan menggunakan metode studi kasus. Pemilihan lokasi ini menggunakan purposive random sampling dikarenakan 1. Pemilik TPH Sumber Rezeki merupakan Ketua dari Perkumpulan Para Pengusaha Tempat Pemotongan Hewan, 2. TPH ini mendapat pengawasan dan pembinaan dari Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan, dan Kehutanan (DISTANBUNNAKHUT) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, 3. TPH Sumber Rejeki telah terdaftar sebagai perusahaan perorangan dengan nomor TDP 102255208696 (DISPERIDAG Kabupaten Cirebon). Hasil dari penelitian ini kegiatan marketing mix yang modern terdiri 7P (product, place, price, promotion people, physical evidence dan customer service), sedangkan bauran pemasaran yang ada di TPH Sumber Rejeki masih semi tradisional dimana sistemnya sudah menggunakan teknologi tetapi belum semuanya.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Astuti, F. K., Suroto, K., dan Santoso, E. 2019. Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Konsumen Daging Sapi Dan Implikasi Strategi Pemasaran Di Hypermart Kota Malang. Buana Sains, 19(1): 25–36.
Azwanda, Sani, L. A., dan Aka, R. 2017. Analisis Profitabilitas Usaha Jagal Sapi Di Rumah Potong Hewan Kota Kendari. JITRO, 4(2): 10–18.
Budi Rahayu Tanama Putri, I Wayan Budiartha, Suciani, Ketut Warsa Parimartha, I Wayan Sukanata. I Gst Ngurah Kayana. 2016. Diktat Marketing Produk Peternakan. Fakultas Peternakan Universitas Udayana. Bali.
Bhaskara, Y., Adam, M., Nasution, I., Lubis, T. M., Armansyah, T., dan Hasan, M. 2015. Tinjauan aspek kesejahteraan hewan pada sapi yang dipotong di rumah pemotongan hewan Kotamadya Banda Aceh. Jurnal Medika Veterinaria, 9(2): 149–153.
Dhiba, I. D. S., & Maduwinarti, A. 2014. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Minat Pengunjung Pada Obyek Wisata Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH Surabaya Ich. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 1(1): 94–109.
Emawati, F., Imanningsih, N., Nunung, N., Sahara, E., Sundari, D., Arifin, A. Y. dan, & Mutiara, P. 2018. Nilai Ph Dan Kualitas Zat Gizi Makro Daging Beku, Dingin Dan Segar Pada Pasar Tradisional Dan Pasar Swalayan (Ph And Macronutrition Of Frozen, Cold And Fresh Beef In Traditional Markets And Supermarkets) Fitrah. Penelitian Gizi Dan Makanan, 14(3): 37–45.
Firman, A., Sulaeman, M. ., Herlina, L. dan, dan Sulistyati, M. 2018. Analisis Neraca Pasokan Dan Kebutuhan Sapi Dan Daging Sapi Di Jawa Barat. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 04(02): 98–108.
Firmansyah, M. A. (2019). Buku Pemasaran Produk Dan Merek. Penerbit CV Qiara Media. Surabaya.
Gunawan, L. (2013). Analisa Perbandingan Kualitas Fisik Daging Sapi Impor Dan Daging Sapi Lokal. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 53(9): 1689–1699.
Handayani, S., Fariyanti, A., dan Nurmalina, R. 2016. Swasembada Daging Sapi Analisis Simulasi Ramalan Swasembada Daging Sapi di Indonesia. Sosiohumaniora, 18(1): 61–70.
Kotler, P. dan G. Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran (Terjemahan). Penerbit Erlangga. Jakarta.
Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran. Penerbit Indeks Media Group. Jakarta.
Kotler, P. 2014. Manajemen Pemasaran
Analisis, Perencanaan, Implementasi
dan Kontrol. Edisi Keempat belas. Edisi Bahasa Indonesia. PT. Prenhallindo. Jakarta.
Narundhana, D., Tawaf, R. dan Arief, H. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemotongan Sapi Bandung. Student E-Journal.
Panjaitan, H. dan Cahyanto, H. 2017. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pakan Ternak Ayam Pedaging di Kabupaten Jombang Jawa Timur. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Manajemen, 4(1): 14–23.
Priyanti, A. dan Inounu, I. 2016. Perilaku Harga Produk Peternakan Pada Hari Besar Keagamaan Nasional. Analisis Kebijakan Pertanian, 14(2): 149–162.
Rosyidi, L. H. 2017. Strategi Bersaing Usaha Potong Ternak (Study Kasus Rph Jagal Syari’ah Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi). Jurnal Ekonomi Dan Hukum Islam, 8(2): 154–173.
Selang, C. A. D. 2013. Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA. 1(3): 71–80
Sumarni, Murti dan Soeprihanto, J. 2010. Pengantar Bisnis (Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi ke 5. Penerbit Liberty. Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.