Strategi Pengembangan Usaha Pemeliharaan Ayam Pelung di Kabupaten Cianjur
Abstract
Ternak Ayam Pelung saat ini merupakan salah satu modal bangsa dalam mempertahankan sumberdaya genetik ternak nasional. Minat konsumen dan gairah petani semakin meningkat sementara usahaternak tidak cukup kuat untuk menutup kebutuhan tersebut. Usaha Ayam Pelung memerlukan solusi kreatif berdasarkan potensinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan merumuskan strategi yang dapat dibuat oleh stakeholder terkait; serta memilih strategi alternatif terbaik. Metode penelitian adalah studi kasus dengan menggunakan informan sebagai sumber data primer. Model analisis yang digunakan adalah analisis SWOT dan QSPM. Berdasarkan diagram kartesius maka strategi WO adalah strategi yang sesuai dengan kondisi usaha Ayam Pelung di Kabupaten Cianjur. Berdasarkan faktor-faktor internal dan eksternal strategi yang dapat dirumuskan dari faktor internal dan eksternal adalah: (1) membuat kebijakan pemerintah dan breeding centre Ayam Pelung, (2) penyerapan CSR yang difasilitasi oleh perguruan tinggi dan dinas peternakan, dan (3) pelatihan pembuatan dimsum sebagai olahan Ayam Pelung serta pembinaan pengadaan pakan mandiri. Seluruh strategi layak untuk diupayakan namun urutan prioritas yang dapat membantu keberlanjutan usaha ayam pelung di Kabupaten Cianjur adalah strategi yang pertama, ketiga, dan kedua.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Asmara, I.Y. 2014. Risk Status of Selected Indigenous Chicken Breeds in Java, Indonesia: Challenges and Opportunities for Conservation. Disertasi. Faculty of Engineering, Health, Science and the Environment, Charles Darwin University. Darwin, Australia.
Daryono, B. S. dan Mushlih, M. 2016. Pola Pewarisan Kaki Rengket secara Autosomal Resesif dan Koefisien Inbreeding pada Ayam Pelung di Cianjur. Jurnal Veteriner 17(2):218-225.
David, F. R. 2013. Strategic Management. Pearson, South Carolina, USA.
Depison. 2009. Karakteristik Kuantitatif dan Kualitatif Hasil Persilangan Beberapa Ayam Lokal. Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Peternakan 12(1):7-13.
Dewanti, R. dan Sihombing, G. 2012. Analisis Pendapatan Usaha Peternakan Ayam Buras. Jurnal Buletin Peternakan 36(1):48-56.
Goso, G. dan Risal, M. 2015. Prospek Usaha Peternakan Ayam Buras Brakel Kriel-Silver Semiintensif di Kota Palopo. Jurnal Equilibrium 5(1):1-14.
Hidayati, P.I. 2017. Analisis Strategi Pengembangan Agribisnis Peternakan Ayam Ras di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Jurnal Optima 1(1):23-31.
ILO. 2012. Kajian Ayam Buras dengan Pendekatan Rantai Nilai dan Iklim Usaha di Kabupaten Boven Digoel. ILO-PCdP2 UNDP, Jakarta.
Indarti, R. 2018. Pengaruh Pemilihan Daging Ayam terhadap Pembuatan Dim Sum di Restaurant Tang Palace Hotel JW Marriot Surabaya. Tourism, Hospitality and Culinary Journal 2(1):18-25.
Iskandar, S. 2006. Strategi Pengembangan Ayam Lokal. Jurnal Wartazoa 16(4):190-197.
Iskandar, S. dan Susanti, T. 2007. Karakter dan Manfaat Ayam Pelung di Indonesia. Jurnal Wartazoa 17(1):128-136.
Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. PT. Prehalindo, Jakarta.
Maman, U. 2014. Memahami Agribisnis Syariah Berdasarkan Pendekatan Sistem Agribisnis. Jurnal Agribisnis 8(1):59-70.
Mariandayani, H. N., Solihin, D. D., Sulandari, S., & Sumantri, C. 2013. Keragaman Fenotipik dan Pendugaan Jarak Genetik pada Ayam Lokal dan Ayam Broiler menggunakan Analisis Morfologi. Jurnal Veteriner 14(4):475-484.
Nataamijaya, A. G. 2010. Pengembangan Potensi Ayam Lokal untuk Menunjang Peningkatan Kesejahteraan Petani. Jurnal Litbang Pertanian 29(4): 131-138.
Nurbaety, A. 2015. Analisis Implementasi Corporate Sosial Responsibility di PT Biofarma. Jurnal Sosioteknologi 14(2):141-153.
Pujiyono, Wiwoho, J. & Triyanto. 2016. Model Pertanggungjawaban Hukum Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk Kesejahteraan Mayarakat. Jurnal UNS: Yustisia 5(1):41-51.
Rahardjo, Mudjia. 2017. Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Disertasi. Program Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Malang.
Rangkuti, F. 2014. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis - Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Resnawati, H. 2012. Inovasi Teknologi Pemanfaatan Bahan Pakan Lokal Mendukung Pengembangan Industri Ayam Kampung. Jurnal Pengembangan Inovasi Pertanian 5(2):79-95.
Sa’id, E. G. dan Intan, H. 2001. Manajemen Agribisnis. Penerbit PT. Ghalia Indonesia, Bogor.
Setyorini, H., Effendi, M., Santoso, I. 2016. Analisis Strategi Pemasaran menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri 5(1):46-53.
Siswoyo, H., Setyono, D. J., Fuah, A. M. 2013. Analisis Kelembagaan dan Peranannya terhadap Pendapatan Peternak di Kelompok Tani Simpay Tampomas Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmu Produksi dan Teknologi Hasil Peternakan. 1(3):172-178.
Situmeang, I.V.O. 2015. Program Corporate Social Responsibility PT Pertamina Refinery Unit VI Balongan dalam Meningkatkan Keberdayaan Masyarakat. Jurnal Sociae Polites 16(1):53-74.
Suprijatna, E. 2010. Strategi Pengembangan Ayam Lokal Berbasis Sumber Daya Lokal dan Berwawasan Lingkungan. Di dalam : Strategi Pengembangan Industri Perunggasan Berbasis Komoditas Ternak Unggas Lokal Dalam Rangka Menghadapi Krisis Pangan Guna Peningkatan Mutu Kesejahteraan Masyarakat Indonesia. Prosiding Seminar Unggas Lokal ke IV. 7 Oktober 2010. Semarang. Fakultas Peternakan Universitas Dipenogoro. Hlm. 55-88.
Trisiwi, H.F., dan Supartini, N. 2015. Pengaruh Dua Jenis Pakan Komersial dan Pakan Rasional terhadap Penampilan Ayam Kampung. Jurnal Buana Sains 15(1):29-34.
Widodo, A., Sarengat, W., & Suprijatna, E. 2012. Pengaruh Lama Periode Pemberian Pakan terhadap Laju Pertumbuhan pada Beberapa Bagian Tubuh Ayam Pelung Umur 1-11 Minggu. Animal Agriculture Journal 1(2):120-125.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.